Anak Demam Tinggi, Bisa Jadi Itu Gejala Tipes

Anak Demam Tinggi, Bisa Jadi Itu Gejala Tipes

Tipes adalah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri, yakni bakteri Salmonella typhi atau S.typhi. Bakteri ini menginspiksi manusia melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan bakteri tersebut kemudian masuk ke dalam tubuh manusia karena di konsumsi.

Banyak orang yang mengira bahwa tipes itu sama dengan tifus, padahal sebenarnya berbeda. Jika tipes dikarenakan bakteri S.typhi maka tipus dikarenakan bakteri Rickettsia typhi atau R.prowazekii. Bakteri Rickettsia typhi ini dibawa oleh binatang-binatang kecil seperti kutu, tikus, dll yang kemudian menginfeksi manusia.

Gejala Penyakit Tipes.

Penyakit tipes hanya bisa didiagnosa secara akurat dengan menggunakan pemeriksaan sampel darah, urine, atau sumsum tulang manusia. Namun penyakit ini juga bisa dilihat gejalanya. Karena itulah biasanya dokter akan mendiagnosa gejala penyakit tipes saja sebelum melakukan pemeriksaan laboratorium.

Jika misalkan memang ditemukan bakteri S.typhi dalam aliran darah pasien, maka barulah bisa dipastikan bahwa si pasien memang positif terkena tipes.

Salah satu gejala penyakit tipes yang paling sering ditemukan adalah demam tinggi dengan ruam di bagian kulit. Biasanya disertai dengan mual-mual, mules, sembelet, dan sakit kepala. Bahkan penderita gejala tipes nafsu makan nya akan menurun sehingga lemas, mudah cape, dll.

Demam Gejala Penyakit Tipes

Gejala seperti ini sangatlah berisiko jika terjadi pada anak, karena tipes sendiri jika lambat ditangani berisiko terjadi komplikasi. Berat badan menurun, hingga potensi kejang-kejang sangat rawan terjadi pada anak-anak khususnya usia balita.

Demam pada penderita tipes memang sedikit berbeda dengan demam biasa, biasanya demam karena tipes ditandai dengan ruam pada kulit atau bintik-bintik, mual, mules, hingga sakit kepala.

Sebuah laman jurnal online Oksae.com menyebutkan setidaknya ada 9 gejala penyakit tipes, diantaranya:

  • Demam yang tinggi hingga 40°C.
  • Ruam pada kulit atau nampak bintik-bintik pada kulit.
  • Sakit kepala.
  • Sakit dan nyeri pada otot.
  • Tidak nafsu makan.
  • Diare.
  • Muntah.
  • Lemas.
  • Sakit perut dan sembelit.

Demam memang tidak membuktikan bahwa itu menunjukkan bahwa sedang terserang bakteri penyebab tipes, namun dengan demam yang tinggi kita tetap harus waspada dengan sesegara mungkin melakukan pemeriksaan medis.

Tipes tidak bisa diobati hanya dengan obat penurun panas. Karena sejatinya menghilangkan bakteri penyebab penyakit tipes itulah agar pasien benar-benar bisa sembuh. Terkadang pasien yang terlihat sembuh atau tidak menunjukkan gejala penyakit tipes lagi, bukan berarti benar-benar bebas dari bakteri S.typhi.

Bisa saja di dalam tubuhnya masih ada sedikit bakteri tersebut, sehingga bisa menyebabkan yang lain terkontaminasi. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik dan suplemen penambah imun tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *