Pengertian dan Definisi Influencer Marketing

Pengertian dan Definisi Influencer Marketing
Influencer sendiri adalah orang yang memiliki follower atau pengikut setia, dimana apa yang melekat kepada nya akan mampu mempengaruhi pemikiran dan tingkah laku orang lain. Semisal: artis, atlet, tokoh masyarakat, dan figur idola lainnya dari kalangan profesional semisal programmer, desainer, engineer, dll.

Influencer Marketing adalah sebuah bentuk pemasaran yang terfokus kepada seseorang yang memiliki pengaruh kuat kepada orang lain. Sebuah upaya memasarkan sebuah produk atau mempromosikan sebuah brand kepada public dengan cara bekerja sama dengan sejumlah orang yang memiliki follower besar.

Influencer sendiri adalah orang yang memiliki follower atau pengikut setia, dimana apa yang melekat kepada nya akan mampu mempengaruhi pemikiran dan tingkah laku orang lain. Semisal: artis, atlet, tokoh masyarakat, dan figur idola lainnya dari kalangan profesional semisal programmer, desainer, engineer, dll.

Pengaruh ini meliputi sudut pandangan tentang sebuah masalah, tentang penilaian sebuah barang, gaya, dll. Ini kita bisa kita lihat bagaimana seorang penyanyi memiliki fans setianya, dimana para fans tersebut akan mengikuti gaya berpakaian, gaya rambut, hingga lain. Seorang fans bahkan bisa membayar berapa pun untuk memiliki sebuah barang yang sama dengan artis yang dikaguminya.

Terkadang itu terdengar oleh orang lain, namun begitulah kenyataan nya. Nah influencer marketing sendiri adalah upaya memasarkan produk atau mempromosikan sebuah branding dengan memanfaatkan figur influencer, sehingga diharapkan para follower or fans nya mengikuti apa yang di promosikan oleh si influencer tersebut.

Cara ini sebenarnya bukan tekni promosi yang baru, hanya saja di internet atau dunia maya gaya pemasaran seperti ini mulai trend beberapa tahun belakangan ini saja.

Dalam skala besar biasanya sebuah brand akan melakukan kontrak kerja sama dengan menjadikan si influencer sebagai salah satu icon produk atau brand tersebut. Namun influencer dalam skala kecil biasanya tidak terikat kontrak kerja sama. Mereka seperti sales lepas yang mendapatkan bayaran jika berhasil menjual sebuah produk, sementara influencer skala kecil hanyalah influencer lepas yang dibayar untuk sebuah promosi yang dilakukan nya.

Definisi Influencer Marketing Menurut Kebanyakan

Mungkin ada perbedaan pendefinisian influencer marketing antara satu sama lain, namun kebanyakan tidak akan jauh berbeda dengan pengertian influencer marketing yang kami sebutkan tersebut.

Influencer Marketing dewasa ini di anggap memiliki kelebihan tersendiri selain pemasaran secara umum. Target mereka jelas sesuai dengan influencer nya. Misalkan artis, tokoh, atau orang yang mempunyai keunikan tersendiri. Biasanya pemilik brand atau produk akan melihat fashion influencer yang akan di ajak bekerja sama. Sebuah brand akan melakukan kerja sama mempromosikan produk atau branding mereka setelah melihat dan menghitung kemungkinan pengaruhnya kepada followernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *